Hasil Penilaian Stunting Tingkat Provinsi NTB

  • Kamis, 12 November 2020 - 10:06:01 WIB
  • Sosial dan Budaya Bappeda
Hasil Penilaian Stunting Tingkat Provinsi NTB

Strategi nasional percepatan pencegahan anak kerdil (stunting) bertujuan untuk mempercepat pencegahan stunting dalam kerangka kebijakan dan institusi yang ada. Strategi nasional tersebut terdiri dari 5 (lima) pilar dimana pilar ke 3 (tiga) yaitu konvergensi program pusat, daerah dan desa yang bertujuan untuk memperkuat konvergensi melalui koordinasi dan konsolidasi program dan kegiatan pusat, daerah dan desa.

Mengacu pada surat Menteri Dalam Negeri nomor 440/3135/Bangda tanggal 10 Agustus 2020 tentang Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kabupaten/Kota dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi tahun 2020, Provinsi NTB telah melaksanakan penilaian kinerja kabupaten pada tahun 2020 yang bertujuan untuk mengetahui aspek kinerja apa saja yang sudah baik atau yang masih perlu ditingkatkan dari setiap kabupaten di wilayah provinsi NTB. Kegiatan penilaian kinerja kabupaten dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi juga sebagai fasilitasi sharing pembelajaran antar kabupaten dalam wilayah provinsi NTB untuk meningkatkan kualitas dan hasil pelaksanaan 8 (delapan) aksi konvergensi.

Penilaian kinerja dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Lombok Timur dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2020 bertempat di Rupatama 2 Kantor Bupati Lombok Timur. Hadir pada saat penilaian kepala OPD terkait, Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten, LSM dan TP-PKK kabupaten Lombok Timur.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Drs. H. Juani Taofik, M.AP dilanjutkan pemaparan Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Timur selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Hj. Baiq Miftahul Wasli, SE. MSi dengan inovasi Canting Mas PKK telah membawa Kabupaten Lombok Timur terpilih sebagai KABUPATEN TER-REPLIKATIF tingkat Provinsi NTB dan meraih JUARA 2 kabupaten terbaik dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi (penerapan 8 Aksi) Tahun 2020, menyingkirkan kabupaten/kota lainnya di Provinsi NTB.

  • Kamis, 12 November 2020 - 10:06:01 WIB
  • Sosial dan Budaya Bappeda

Berita Terkait Lainnya