Rapat Koordinasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Lombok Timur Tahun 2022

  • Selasa, 15 Maret 2022 - 10:28:42 WIB
  • P2M Bappeda
Rapat Koordinasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Lombok Timur Tahun 2022

Kabupaten layak anak adalah kabupaten yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Anak adalah harapan bangsa dan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Ini berarti bahwa masa depan bangsa ada ditangan anak-anak saat ini. Karena itu, Negara wajib menyiapkan dan menyediakan sarana untuk mewujudkan cita-cita anak-anak yang akan menerima estafet kepemimpinan negeri ini. Untuk itu, pemerintah bertekad mewujudkan Indonesia sebagai negara yang layak bagi anak. Tekad itu diwujudkan dalam berbagai kebijakan dan program, diantaranya Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Program-program ini menjadi acuan bagi semua pemangku kepentingan dalam pembangunan kesejahteraan dan perlindungan anak Indonesia, agar dapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental maupun sosial. Karena sifatnya, maka tubuh-kembang anak harus dilakukan dalam lingkungan yang melindungi anak dari segala bahaya dalam bentuk pengasuhan yang optimal.

Pemenuhan hak anak ini telah tertuang dalam UUD 1945 pasal 28B ayat 2, yang menyatakan bahwa ”Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”. Dengan demikian anak mempunyai hak kontitusional dan negara wajib menjamin serta melindungi pemenuhan hak anak yang merupakan hak asasi manusia. Ditegaskan pula dalam Undang Undang Perlindungan Anak (UUPA), pasal 1 ayat 2, menyebutkan bahwa Perlindungan Anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Disamping itu, anak-anak seharusnya menjadi subyek yang berperan dalam menentukan masa depannya. Masa anak-anak adalah masa pencarian jati diri, semua bentuk upaya pencarian jati diri anak dalam masa tumbuh kembangnya akan bermuara pada wajah bangsa dan peradaban manusia  di masa depan. Karena itu, anak seharusnya dilibatkan dalam setiap tingkat pengambilan keputusan, sebab setiap keputusan yang diambil akan mempengaruhi kehidupan mereka dan berimplikasi pada masa depannya. Dalam rangka mewujudkan Lombok Timur sebagai Kabupaten Layak Anak tahun 2022 dilaksanakan rapat koordinasi sekaligus sebagai sarana koordinasi bersama pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat.

Untuk percepatan KLA 2022, beberapa langkah yang akan dilaksanakan diantaranya:

  • Kerjasama dan dukungan lintas sektor;
  • Melengkapi format dan data pendukung penilaian KLA 2022;
  • Akan ditindaklanjuti dengan rapat teknis tahun 2022;
  • Melengkapi dokumen pelaksanaan dalam mencegah kematian Bayi Baru Lahir dan Kematian Ibu Melahirkan.

  • Selasa, 15 Maret 2022 - 10:28:42 WIB
  • P2M Bappeda

Berita Terkait Lainnya